Tips mencontek yang baik dan benar

Disclaimer:

Postingan ini hanyalah informasi belaka. Aksi setelah membaca di luar tanggungan penulis...hahaha! Anyway, postingan ini saya buat bukan berarti saya jago/sering mencontek lho, tapi lebih ke curahan hati sebagai pengawas ujian yang concern terhadap kemampuan mencontek mahasiswa yang payah...hahahaha!
Jadi, kebetulan satu tahun belakangan ini saya sering banget kebagian jatah jadi pengawas ujian. Jujur, saya tuh suka pusing kalo mergokin mahasiswa yang lagi nyontek. Bukan pusing karena ni mahasiswa ngga jujur, tapi pusing karena koq nyonteknya payah banget sih, sampe ketauan sama pengawas....hahahaha!

Ok, sebelum kita ulas mengenai cara-cara mencontek yang baik dan benar, alangkah baiknya kalo kita telaah dulu jenis-jenis mencontek. Menurut jenisnya, tipe mencontek itu ada 3:

A. Contek diam-diam
Dalam kasus ini, pelaku pencontek cenderung mencontek kerjaan temennya yang pinter. Tapi sering juga karena kepepet, temen yang bodoh pun tetep dicontekin. Dalam contek tipe, korban yang diconteki (biasanya) tidak sadar telah dicontek...

B. Kerja sama
Contek jenis cenderung lebih menyenangkan. Karena dilakukan oleh 2 kepala (atau lebih), ujian jadi (terasa) lebih ringan...

C. Solo career
Contek jenis ini biasanya lebih menjanjikan, tapi kalo resiko kalo ketauan lebih bahaya, karena si pelaku contek bakal bunya barang bukti mencontek...hahaha!

Nah, sekarang mari kita ulas tips-tips mencontek yang baik dan benar....
1. Behave. Be calm. Be confident
Kalo kamu mau mencontek, usahakan gesture tubuh kamu jangan terlalu mencolok. Karena kalo kamu-nya udah salah tingkah duluan, misal: keringet dingin, dijamin si pengawas ujian bakal curiga.

2. Hindari eye-contact dengan pengawas ujian
Saya kasih tau ya, peserta ujian yang sering terlibat eye-contact dengan pengawas cenderung langsung dinobatkan sebagai calon pencontek. Jadinya sebisa mungkin hindari eye-contact. Cara yang paling baik adalah pura-pura ngeliat jam dinding di depan ruangan, sambil sesekali melirik si pengawas ujian. Sebisa mungkin gesture-nya se-natural mungkin.Terus, kalo kamu terlibat eye-contact dengan sang pengawas, kamu ga usah panik. Cara yang paling ampuh adalah langsung berpura-pura mikir, bisa dengan sambil bergumam & sok-sok mikirin teorema/dalil dari mata kuliah yang bersangkutan....hahaha!

3. Hindari posisi duduk miring
Biasanya ini terjadi kalo kamu mau mencontek temen kamu yang duduknya di belakang kamu. Posisi duduk miring emang memudahkan manuver mencontek ke belakang, tapi sayangnya posisi seperti ini sangat mencurigakan. Jadi lebih baik dihindari.

4. Jangan bawa alat tulis komplit
Kalo perlu, kamu mending ga usah bawa pulpen. Logikanya begini, semakin banyak barang yang kamu ngga bawa, berarti semakin banyak juga kesempatan kamu minjem barang ke temen, berarti semakin banyak juga peluang untuk mencontek temen yang kita pinjem barangnya....hahahaha! Saat pinjem barang, usahakan mata ga usah melihat barang yang kita pinjem, tapi fokus pada kertas jawaban target yang akan dicontek.

5. Jangan pernah buat contekan di kartu ujian
Sumpah, ini cara yang paling dongo' banget! Saya suka mau teriak kalo nemuin kebetan mahasiswa di kartu ujiannya....! Agh!

6. Buat kebetan di kertas kecil
Jangan pernah serakah dalam membuat kebetan! Kalo memang sifat ujiannya close book, ya buat kebetannya di kertas kecil aja. Jangan buat kebetan di kertas A4!

7. Mencontek saat di awal
Kerjakanlah soal yang paling susah dulu! Ini wajib! Karena kalo ujiannya baru dimulai, cenderung pengawas ujian masih ngga fokus, jadinya chance untuk mencontek juga lebih besar.... Coba bandingin dengan momen-momen akhir ujian. Biasanya mahasiswa udah keburu panik kalo waktu ujiannya tiggal dikit. Jadinya ngga bisa mencontek dengan pikiran jernih....hahahaha!

8. Ke toilet
Ini adalah senjata pamungkas dalam urusan contek-mencontek (khususnya kalo selama ujian, peserta diperbolehkan untuk ke toilet). Sebelum pergi ke toilet, alangkah baiknya kamu hapalin dulu soal-soal apa aja yang ngga bisa kamu jawab, baru deh ntar di dalam toilet, kamu bebas membaca kertas kebetan kamu sepuasnya! Haahahaha!

Hmm, untuk saat ini, begitu dulu tips mencontek dari saya...Selamat mencontek Ujian!

© picture by haein's house

 

Reader Comments

Pakailah kertas tissue WC utk bikin contekan. Jika ketahuan, langsung masuk mulut utk ditelen.

Jadi tidak ada bukti kalo kita nyontek. Malah kita bisa mengadukan guru karena mengganggu kita.

@juliach
biarpun sedikit extreme, tapi caranya patut dicoba juga tuh mba'... ;)

Hohoho, pakai karet dililit di balik baju, ketika guru melihat, langsung dilepas, dan masuklah kertas ke baju karena ketarik oleh karet.

@laporan
wedew, brilliant! teknik mencontek tingkat tinggi tuh mas...hmm, boleh juga tuh dicoba...hahaha!

tips yang bagus, bsok cobain ah.. hahaha

gile nih.... artikel yg agak2 bahaya...

@udjo
good luck ya nyobanya! hahahaha! ;)

@mika cory
berbahaya, apa telat? kan lo udah gada ujian lagi..jadinya kesempatan buat 'nyoba' udah ga ada....hahahaha! :D

Hm...

Kuno ya :)
Kalo ada momen dan pengawasnya kurang awas.
dan punya N78/N6120Classic/K850i/....
Geletakkan di meja, bareng kartu ujian dan kunci motor.

Isi powerpointnya dosen, ato pdf ato bahkan catatan ringan yang disiapin sebelumnya. Harus siap akses (diload dulu sebelum ujian, waktu ujian jangan keliatan pegang2 HP).
Jangan googling, kemungkinan ketauan lebih besar.

Set waktu screensaver ke nilai kecil (dibawah semenit lebih disukai). jenis screen saver adalah blank.
Set ke silence, matikan fitur getar.

Kalo ada temen lain yang punya, bisa pake juga bluechat.

.nasgur

@anonim
kalo cara ini agak susah diterapin di kampus saya mas, soalnya bangku di kampus saya a/ bangku lipat...jadinya kalo mahasiswa ngotak-ngatik hp pasti kelihatan sama si pengawas...huehe! tapi kalo liatnya di toilet sih bisa... :D

Wuih, artikel yang sangat menguntungkan saya (Makaci, mturnuwun, vielen dank!) Andai semua murid saya di SMP n SMA baca artikel ini n nerapin saat ujian, saya bisa jadi BEST TEACHER coz memergoki semua siswa yang nyontek pas ujian,...xixixi..
'lam kenal (Mrs. INtan)



Welcome to my blog!

This blog contains everythings that blinked from my mind...

Blogger Templates by Blog Forum

Must Read This!

What my friend's doing?

My photo album

www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos and videos from edziardo. Make your own badge here.

Blogs you might like

Blog Archive

Chatterboxxx


Free chat widget @ ShoutMix

Currently listening

Currently reading

Widget_logo

Recently watched


My bookshelf

Widget_logo

blog-indonesia.com
Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Subscribe in a reader

hit counter
code