Study tour to Indonesia Stock Exchange

Kemarin, tepatnya Senin 23 Juni 2008, kebetulan saya ikutan acara study tour to IDX/BEI di Jakarta. Acara ini merupakan salah satu acara lab saya yang juga bagian dari rangkaian program kerja Study Group Lab Simbi. Inti acara dari study tour ini, yang sepenuhnya diatur sama pihak BEI, adalah seminar tentang bursa efek secara umum. Sebenernya, di lab saya itu juga mempelajari simulasi saham, tapi hasilnya juga beda memang kalo kita diajarin langsung oleh expert-nya. Saya aja jadi jauh lebih ngerti tentang sistematika perdagangan efek di sini... huehehe!

Dari penjelasan panjang lebar yang diberikan, ada satu fakta yang menurut saya menarik. Perusahaan yang go public di Indonesia baru berjumlah 300-an. Padahal syarat perusahaan untuk go public cenderung nggak sulit, bisa diliat di sini. Kalo diliat-liat, padahal jumlah perusahaan di Indonesia sendiri yang memenuhi kriteria untuk go public tergolong masih banyak, tapi kenapa masih jarang yang go public? Kalo kata si bapak pembicara, ini dikarenakan masih banyak perusahaan yang ogah men-transparan-kan laporan keuangannya. Alasan klasik yang menurut saya agak mengganggu. :D

Padahal ya, keuntungan yang didapat dengan membuat perusahaan kita go public itu ada banyak, salah satunya adalah ketersiadaan modal perusahaan bakal lebih kenceng. Otomatis diversifikasi bisnis jadi jauh lebih mudah untuk dilaksanakan. Atau mungkin juga mereka stay private karena memang nggak ada rencana untuk memperluas bisnis mereka? Hmm, entahlah.

Selain masalah pengetahuan dasar dan mekanisme perdagangan efek, kita juga dikasih tau fakta-fakta menggiurkan yang bikin kita berniat buat ikutan main saham. Salah satu contohnya adalah saham Unilever, tanpa memeperhitungkan stock split-nya, saham Unilever berhasil meningkat tajam dari era pra-krismon hingga kini sebesar lebih dari 1000% (CMIIW)! Edan! Coba bayangin kalo kita punya 1 lot aja saham di sana...Whew!

Gimana? Jadi punya niat untuk bermain efek? Tapi sebelumnya, selesaiin dulu tuh TA, trus cari kerja, trus banting tulang dulu buat ngumpulin modal investasi! Hahaha!

©picture by: Lucky Pransiska

 

Reader Comments

Nah ntu tau jawabanyya..
ngerjain TA dulu ya nak...
baru bisnis qta...
jiwa bisnis gw keluar..:p

Pasar saham itu kayak gimana sih? Mumet...

@vidya
siap boss...TA sedang saya kerjakan! hehehe!

@ardianto
hmm, coba baca buku 'Stock Investing for Dummies' aja...mudah2an jadi ga mumet lagi... ;)



Welcome to my blog!

This blog contains everythings that blinked from my mind...

Blogger Templates by Blog Forum

Must Read This!

Ada kesalahan di dalam gadget ini

What my friend's doing?

My photo album

www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos and videos from edziardo. Make your own badge here.

Blogs you might like

Blog Archive

Chatterboxxx


Free chat widget @ ShoutMix

Currently listening

Currently reading

Widget_logo

Recently watched


My bookshelf

Widget_logo

blog-indonesia.com
Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Subscribe in a reader

hit counter
code