Conquering Mt. Gede

Hari Sabtu kemarin, akhirnya untuk pertama kalinya saya naik gunung...Petualangan kali ini diikuti oleh 9 orang; saya, Mae, Fanny, Aruna, Bonong, Dadank, Bayu (Udjo), Vidya, dan Intan. Bisa dikatakan petualangan kami kali ini tergolong unexpected. Selain karena baru direncanakan sekitar semingguan sebelum berangkat, juga karena kebanyakan dari kami, anggota tim ekspedisi, belum pernah naik gunung sebelumnya...

Kami berangkat dari kampus tercinta menuju Cibodas pada hari Sabtu sekitar jam 2 siang. Rencananya, kami bakal mendaki dari jalur Cibodas....katanya sih karena pemandangannya jauh lebih indah, biarpun jaraknya lebih jauh kalo dibandingin jalur Gunung Putri. Tapi saya mah manut-manut aja, berhubung saya ngga tau apa-apa...hahaha!

Sampai di Cibodas pas Maghrib, dan kami langsung mencari warung makan, selain buat dijadiin tempat berteduh (karena waktu itu hujan), kami juga akan numpang nginap gratis satu malam di sana. Jadi ya, ternyata warung-warung di pasar Cibodas emang udah terbiasa menampung para pendaki untuk menginap, bahkan sampai ada yang numpang parkir motor segala selama beberapa hari...para pendaki ini ga bakal disuruh bayar apa-apa, tapi biasanya para pendaki udah sadar diri, sebagai imbalan mereka bakal makan di warung itu.


Anyway, malam pertama bisa dibilang ga enak banget buat saya...Ga bisa tidur euy, karena udaranya dingin banget! Saya malah pusing ngebayangin; baru di kaki gunung aja dinginnya udah sebegini, apalagi ntar di puncak gunung...hahahaha!Jam setengah tujuh pagi keesokan harinya, petualangan dimulai. Awal perjalanan track-nya cenderung gampang, jam 9 kami udah sampe di pemberhentian pertama: Air terjun Cibeureum. Karena kebetulan waktu itu adalah hari Minggu, jadinya air terjun rame bener! Kebanyakan dipenuhi pengunjung yang tek-tok, alias kagak berniat nge-camp...
Abis itu kami baru memulai pendakian yang sebenarnya. Track-nya lebih sulit dari yang awal, bikin otot kaki saya kaget. Jadinya rada pesimis juga sih, tapi untungnya si Bonong nyuruh saya paksain diri. Sampai ga kerasa udah sampe juga di Kandang Batu, tepat jam 12 siang. Akhirnya kami break lunch dulu...

Jam setengah 2 kami mulai melanjutkan perjalanan lagi, targetnya sih pengen dapet sunset di puncak...tapi rada ragu karena ternyata perjalanan masih jauh....*sigh! Entah karena abis makan, atau karena termotivasi ngeliat sunset, perjalanan dari Kandang Batu ke Kandang Badak yang ditempuh selama 1 jam, kami lalui tanpa istirahat! Whew! Agak ga percaya juga sih saya...Baru pas sampai di Kandang Badak, kami istirahat sekitar 10 menit, dan langsung melanjutkan perjalanan menuju puncak. Sampai akhirnya kami melewati Tanjakan Setan, sebuah tebing curam setinggi 20 meter-an yang dijamin bikin dengkul lemess....hahahaha! Tadinya saya kira ga terlalu berat, tapi ternyata memang curam banget! No wonder disebut Tanjakan Setan, karena emang bener-bener setan! Untungnya waktu itu kami bawa tali webbing, it helped a lot.
Setelah lewat Tanjakan Setan, kita masih melewati medan yang makin menggila & curam. Katanya sih masih lumayan jauh buat sampai puncak. Dan apesnya, waktu itu udah jam setengah 5. Tanpa pikir panjang, perjalanan kami lalui terus tanpa istirahat (lagi), selain karena pengen liat sunset, tapi juga karena takut kemaleman di jalan. Alhamdulillah, jam setengah 6 kami sampai juga di puncak! Woohooo! Setelah bangun tenda, saya dan Bonong langsung bergegas ngeliat sunset. It was my very first time to see sunset from above the sky! Whew!

Paginya saya ga bisa liat sunrise, karena mataharinya ketutupan awan....*sigh! Jadinya cuman mandangin pemandangan indah yang selama ini hanya saya liat dari wallpaper komputer doank....hahahaha!
Jam setengah 10, tim ekspedisi mulai meninggalkan puncak gunung Gede. Rute pulang kami adalah melewati Gunung Putri, jadinya kami akan turun lewat Surya Kencana dulu. Jam 10 kami sampai di Surya Kencana, di sana pemandangannya gokil banget dah! Kalo kata si Arun, serasa kayak di film LOTR....hahahaha!

Abis lunch di Surya Kencana, tim ekspedisi melanjutkan perjalanan turun menuju Gunung Putri. Oiya, tadinya saya pikir Gunung Putri itu adalah nama gunung, tapi ternyata itu nama daerah...hahaha! Karena kebetulan salah satu dari tim, kakinya ada yang cidera, kami baru sampai di Gunung Putri pas maghrib. Dan sampai pulang ke Bandung jam 11-an malam....Sampe kosan badan saya rasanya mau copot....Tepar & lapar!Yang paling berkesan dari pengalaman saya naik gunung kemarin adalah adat para pendaki-nya. Tiap kita berpapasan dengan pendaki yang lain, kita pasti saling ber-tegur sapa, biarpun kita nggak saling kenal. Whew, cuman di gunung doank nih kita bisa negor orang yang ga dikenal....kalo di kota sih pasti disangka sok asik....hahahaha!

Baca juga:
Ekspedisi Gunung Gede
Semangat Baru!!!
Puncak Gede 2 Juni 2008

 

Reader Comments

cie.. di posting juga nih cerita gunung gede kemaren hehehe x)

kak riyandi dah ga sabar pengen lagi, next trip kemana nih katanya??

@udjo: next trip? phew, ditahan dulu deh sampe selesai sidang.... :P

wah do..... baca cerita lo bikin saya (ikut2an pake saya..) pengen nyoba backpacking,,, huhuhuhu.......
k bali dnk.....!!!!

widih...
ceritanya kayaknya seru banget tuh do...

btw, link nama gw ganti dengan
www.camyeye.wordpress.com ya do...

btw, gw baru pertama kali liat lo ya pas ketemu sebelum kita berangkat itu... lu gak exist banget yah???

he3x... becanda do..

@mika cory
ke bali? hayu....tapi mesti nabung dulu deh...pokoknya kalo udah sidang kita wajib ke bali...ajakin anak2 yg laen juga cor!

@vidya
ok boss, gue ganti. wah, nasib lo ternyata beruntung juga ya, bisa sempet kenal sama gue...hahahaha!

wooooy link ke gw jugaaaak

neuromantic.multiply.com

do, basi lu ah :p
wakakak

@riyandi
siap boss!

NICE REVIEW!

Jadi pengen juga. Hiks.. :((



Welcome to my blog!

This blog contains everythings that blinked from my mind...

Blogger Templates by Blog Forum

Must Read This!

What my friend's doing?

My photo album

www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos and videos from edziardo. Make your own badge here.

Blogs you might like

Blog Archive

Chatterboxxx


Free chat widget @ ShoutMix

Currently listening

Currently reading

Widget_logo

Recently watched


My bookshelf

Widget_logo

blog-indonesia.com
Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Subscribe in a reader

hit counter
code