Memanfaatkan web feed

Mungkin pernah suatu saat terbesit di benak lo salah satu dari pertanyaan ini:

Apa sih itu feed (web feed)? Gunanya buat apa? Caranya gimana? Bedanya antara RSS & Atom apa ya? Lambang "" yang ada di samping kanan 'address bar' web browser maksudnya apa ya? Bagaimana cara membuat orang senantiasa tahu kapan kita membuat postingan baru di web kita?

Kalau seandainya lo masih belum punya jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas, berarti lo adalah salah satu orang yang beruntung, karena kali ini gue akan sedikit berbagi dengan memberikan penjelasan & tutorial singkat tentang RSS feed.

Web feed merupakan suatu format data yang memungkinkan kita untuk melihat/mendapatkan informasi mengenai update-an dari suatu web. Web feed ini berguna banget karena kita bakal bisa tau kapan & apa isi postingan terbaru dari suatu web yang ingin kita langgani tanpa harus mengunjungi web tersebut. Praktis banget kan?!

Macam-macam web feed ada 2; RSS feed & Atom. Sebenernya keduanya ini kurang lebih sama. Hanya ada beberapa perbedaan yang tidak terlalu mencolok (setidaknya bagi pengguna awam) antara kedua macam format web feed ini. CMIIW, RSS feed lebih sering dipakai di berbagai web sebagai alternatif syndication format.

Berdasarkan basis penggunaannya, web feed sendiri dibagi menjadi 2 macam; web based bookmark dan desktop based bookmark. Web based bookmark berarti setiap update-an yang datang akan tersimpan di dalam page bookmark kita. Contoh: Google Reader, My Yahoo, etc. Keuntungan dari web based bookmark adalah kita bisa mengakses feed kita dimana aja. Sedangkan desktop based bookmark, berarti setiap update-an/feed yang kita terima akan langsung terlihat di web browser kita. Contoh: Safari, Firefox, etc. Keuntungan dari desktop based bookmark adalah cenderung lebih cepat, karena yang di-download hanyalah title dari update-an/feed yang masuk.

Cara subscribe web feed
Suatu web bisa kita subscribe feed-nya hanya kalau kita melihat lambang "" atau "http://kyleandgigi.com/RSS_info/RSS_Safari.jpg" di pojok kanan address bar web browser kita, atau tulisan " Subscribe in Reader" pada web yang dikunjungi. Untuk men-subscribe web tersebut, caranya tinggal mengklik logo tersebut, dan kemudian akan timbul page berikut:
Lalu pilih dengan aplikasi feed apa kita akan men-subscribe page tersebut. Untuk menggunakan desktop based bookmark, pilih 'Live Bookmarks'. Klik 'Subsrice Now'. Kemudian pilih ke dalam direktori mana web tersebut ditaruh dalam daftar bookmark kita. Sedangkan untuk menggunakan web based bookmark, pilih situs feed reader yang kita punya. Misal Google. Klik 'Subsrice Now'.

Cara mempublikasikan feed dari situs yang kita punya
Ada beberapa situs yang menawarkan jasa untuk mempublikasikan feed situs kita, salah satunya adalah feedburner. Untuk dapat mempublikasikan feed situs kita, kita harus punya account di feedburner dulu tentunya. Selanjutnya tinggal mengikuti petunjuk singkat yang ada di web tersebut. Ada begitu banyak feature yang bisa didapatkan di situs ini, tapi untuk kali ini gue ga akan menjabarkannya, karena banyak banget. Untuk sementara coba otak-atik sendiri aja, ok!

 

Reader Comments

Ma waxaad la il dhaqaale ama aad u baahan tahay lacag caddaan ah oo degdeg ah si ay u bixiso biilasha? Oo aad rabto in aad qaadato halista ekaysiinaya naftaada. Isku day inaad hesho ATM kaarka bannaan maanta oo ka mid ah ayaa nasiib mid ay ka faa'iideysanayaan kaarka this noqon. kaadhka ATM Tani ayaa lagu wadaa awood jabsaday mashiinada wax ATM meel kasta oo dunida ah. Anigu waxaan leeyahay in la ogaado oo ku saabsan kaarka maran this ATM markii aan raadinayey online for shaqada ku saabsan bil ka hor. Waxaa run ahaantii nolosheyda bedelay weligiis iyo hadda aan dhihi karo Taajir baan ahay sababtoo ah waxaan ahay marag nool. Lacagta yar baan ka heli maalin kaarka this waa $ 3,000. Oo hadda ka dibna sii listo lacag aan xisaab. Inkastoo kaarka waa sharci daro laakiin waxaa jira halis ma la qabtay. Waxaa la qorsheeyay in sidan oo kale in aan la hayn karo iyo sidoo kale leeyahay farsamo ah in suura galineynin in camera CCTV si aad ogaado marka la isticmaalayo. Wixii faahfaahin ah oo ku saabsan sida loo heli idinkaa maanta xiriir speedhackersnetwork001@gmail.com

Are you suffering financially or do you need an urgent cash to pay your bills? And you want to take the risk of transforming your own life. Try and get your ATM blank card today and be among the lucky one's who are benefiting from this card. This ATM card is set capable of hacking into any ATM machines anywhere in the world. I have to know about this blank ATM card when I was looking for work online about a month ago. It has really changed my life forever and now I can say I'm rich because I am a living testimony. The less money I get in a day with this card is $3,000. Even now and then keep pumping money into my account. Although the card is illegal but there is no risk of being caught. It is programmed in such a way that it cannot be tracked and also has a technique that makes it impossible for the CCTV camera to detect you when using it. For details on how to get yours today contact speedhackersnetwork001@gmail.com



Welcome to my blog!

This blog contains everythings that blinked from my mind...

Blogger Templates by Blog Forum

Must Read This!

What my friend's doing?

My photo album

www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos and videos from edziardo. Make your own badge here.

Blogs you might like

Blog Archive

Chatterboxxx


Free chat widget @ ShoutMix

Currently listening

Currently reading

Widget_logo

Recently watched


My bookshelf

Widget_logo

blog-indonesia.com
Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Subscribe in a reader

hit counter
code