Kenapa merah-putih?

Semalem, kebetulan gue nonton 'Peringatan 100 Tahun Kebangkitan Nasional' di tv bareng dua kawan gue, sebut aja S & N (nama sengaja disamarkan). Tiba-tiba terjadi debat antara orang-orang yg paham nasionalisme-nya rendah ini:


N: Kenapa bendera Indonesia koq merah-putih sih?
S: Lho? Mang kamu maunya apa?
N: Ya apa keq...selain merah-putih..
S: Kamu maunya gimana emang? Merah terus ada bulan-bintangnya? Singapur dong?! --> mulai agak sensi
N: Ya ngga', cuman penasaran aja, kenapa warnanya mesti itu. Terus artinya knapa mesti merah itu berani & putih itu suci?
Gue: E, merah putih itu karena mengingat perjuangan para pejuang kita dulu. Dulu tuh baju pejuang lagi nge-trend-nya warna putih, terus karena dengan gigihnya mereka berjuang melawan penjajah, walhasil darah banyak berceceran untuk meraih kemerdekaan. Nah, jadilah baju putih yang bersimbahkan darah. Itu juga kenapa urutannya merah di atas, putih di bawah. ---> Sok tau & asal ceplas-ceplos!
N: Idih, ngga banget dah! Kalo gue bilang sih, karena ada bubur merah-putih. Terus pas dulu bikin bendera, mereka pada bingung, dan akhirnya terinspirasi oleh bubur itu...---> jawaban tolol!
S: Ya ngga mungkin lah! Itu sih kebetulan aja sama!
N: Terus, masalah filosofinya gimana tuh?
Gue: Eh, sekarang kan bendera itu sebenarnya simbolik dari suatu negara. Nah, menurut lo, yang pertama kali dibuat simbolnya dulu, atau filosofinya dulu?
N: Hmm, kayaknya simbolnya dulu deh...

..........perdebatan berlanjut semakin panjang, mencakup topik pemilu 2009, calon-calon presidennya, sampai perubahan yang udah terjadi di Indonesia.

Barusan, gue jadi kepikiran sama debat semalem. Dan baru tahu juga tentang sejarah bendera Indonesia dari sini.

Bendera nasional Indonesia adalah sebuah bendera berdesain sederhana dengan dua warna yang dibagi menjadi dua bagian secara mendatar (horizontal). Warnanya diambil dari warna Kerajaan Majapahit. Sebenarnya tidak hanya kerajaan Majapahit saja yang memakai bendera merah putih sebagai lambang kebesaran. Sebelum Majapahit, kerajaan Kediri telah memakai panji-panji merah putih.

Selain itu, bendera perang Sisingamangaraja IX dari tanah Batak pun memakai warna merah putih sebagai warna benderanya , bergambar pedang kembar warna putih dengan dasar merah menyala dan putih. Warna merah dan putih ini adalah bendera perang Sisingamangaraja XII. Dua pedang kembar melambangkan piso gaja dompak, pusaka raja-raja Sisingamangaraja I-XII.

Ketika terjadi perang di Aceh, pejuang – pejuang Aceh telah menggunakan bendera perang berupa umbul-umbul dengan warna merah dan putih, di bagian belakang diaplikasikan gambar pedang, bulan sabit, matahari, dan bintang serta beberapa ayat suci Al Quran.

Di jaman kerajaan Bugis Bone,Sulawesi Selatan sebelum Arung Palakka, bendera Merah Putih, adalah simbol kekuasaan dan kebesaran kerajaan Bone.Bendera Bone itu dikenal dengan nama Woromporang.

Pada waktu perang Jawa (1825-1830 M) Pangeran Diponegoro memakai panji-panji berwarna merah putih dalam perjuangannya melawan Belanda.

Bendera yang dinamakan Sang Merah Putih ini pertama kali digunakan oleh para pelajar dan kaum nasionalis pada awal abad ke-20 di bawah kekuasaan Belanda. Setelah Perang Dunia II berakhir, Indonesia merdeka dan mulai menggunakan bendera ini sebagai bendera nasional.

Bahkan, di blog ini jauh lebih komplit lagi mengupas tuntas tentang sejarah bendera Indonesia...Dan untuk masalah arti warna juga ada:

Bendera Indonesia memiliki makna filosofis. Merah berarti berani, putih berarti suci. Merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan untuk Indonesia.

Ditinjau dari segi sejarah, sejak dahulu kala kedua warna merah dan putih mengandung makna yang suci. Warna merah mirip dengan warna gula jawa/gula aren dan warna putih mirip dengan warna nasi. Kedua bahan ini adalah bahan utama dalam masakan Indonesia, terutama di pulau Jawa. Ketika Kerajaan Majapahit berjaya di Nusantara, warna panji-panji yang digunakan adalah merah dan putih (umbul-umbul abang putih). Sejak dulu warna merah dan putih ini oleh orang Jawa digunakan untuk upacara selamatan kandungan bayi sesudah berusia empat bulan di dalam rahim berupa bubur yang diberi pewarna merah sebagian. Orang Jawa percaya bahwa kehamilan dimulai sejak bersatunya unsur merah sebagai lambang ibu, yaitu darah yang tumpah ketika sang jabang bayi lahir, dan unsur putih sebagai lambang ayah, yang ditanam di gua garba.

Phew! Baru tau gue....

Anyway, terkait dengan hari Kebangkitan Nasional, 2 hari yang lalu, gue secara resmi menambahkan lambang ini () ke dalam blog gue. Artinya gue ikut berpartisipasi dalam gerakan Indonesia BERGERAK!, yaitu gerakan yang dimotori oleh KDRI yang mengkampanyekan perubahan pada negeri kita yang tercinta ini. Dan untuk merealisasikan perubahan pada Indonesia, harus dimulai dari masing-masing individu dulu. Kalau bukan kita, siapa lagi yang bisa membangkitkan Indonesia? Gue yakin koq, kalo memang Indonesia Bisa!

 

Reader Comments

aku negara nya indoneisa apa yang buat ini itu keren



Welcome to my blog!

This blog contains everythings that blinked from my mind...

Blogger Templates by Blog Forum

Must Read This!

Ada kesalahan di dalam gadget ini

What my friend's doing?

My photo album

www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos and videos from edziardo. Make your own badge here.

Blogs you might like

Blog Archive

Chatterboxxx


Free chat widget @ ShoutMix

Currently listening

Currently reading

Widget_logo

Recently watched


My bookshelf

Widget_logo

blog-indonesia.com
Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Subscribe in a reader

hit counter
code