tu7uh!

Barusan gw abis nonton film The Number 23, film perdana Jim Carrey dimana dia dapet peran serius. Filmnya tentang seseorang yg terobsesi sama angka 23 (akibat kebanyakan baca novel! Hyahahaha!). Mulai dari nomor rumahnya, tanggal lahir, no. rekening, tanggal dia married, sampe penjumlahan konversi nama-ke-angka juga menghasilkan angka 23. Karna terlalu banyak keterkaitannya dengan angka 23, dia ngerasa ada yg aneh. Dan emang ternyata bermula dari hal iseng (baca novel) yg dia lakuin, malah berakibat terbongkarnya sebuah misteri yang kelam.

Kelar nonton film itu, iseng-iseng gw juga ngelakuin konversi nama gw ke angka. Tau kan cara konversinya?! Misal:
A = 1
B = 2
...
Z = 26


Dan ternyata gw agak kaget juga pas ngeliat hasilnya, karna pas dilakuin dengan berbagai macam pengkonversian bakalan menunjukkan hasil yg sama. Tadi gw nyoba 4 cara konversi:


CARA 1
Menjumlahkan langsung semua hasil konversi nama panjang gw.

EDZIARDO EDAZMARA
5+4+26+9+1+18+4+15+5+4+1+26+13+1+18+1 = 151
1+5+1 = 7

CARA 2
Memisahkan antara nama depan dan nama belakang, baru dikonversi, terus dijumlahkan per kata, baru digabungkan.

EDZIARDO
5+4+26+9+1+18+4+15 = 82
8+2 = 10
1+0 = 1

EDAZMARA
5+4+1+26+13+1+18+1 = 69
6+9 = 15
1+5 = 6

Dan kalo keduanya dijumlahkan, maka:
1+6 = 7

CARA 3
Kali ini dengan melakukan penjumlahan angka pada masing-masing huruf terlebih dulu. Contoh:
Z = 26 = 2+6 = 8
R = 18 = 1+8 = 9

M = 13 = 1+3 = 4
O = 15 = 1+5 = 6


Gimana kalo nama lengkap gw dikonversi lewat cara ini?
EDZIARDO EDAZMARA
5+4+8+9+1+9+4+6+5+4+1+8+4+1+9+1 = 79
7+9 = 16
1+6 = 7

CARA 4
Cara awalnya sama kayak Cara 3, tp kali ini nama gw dipisahkan pengkorvesiannya antara nama depan dan nama belakang.

EDZIARDO
5+4+8+9+1+9+4+6 = 46
4+6 = 10
1+0 = 1

EDAZMARA
5+4+1+8+4+1+9+1 = 33
3+3 = 6

Dan kalo keduanya dijumlahkan, maka:
1+6 = 7

For God's Sake! Ini tu keren bgt! Awalnya gw pikir gw 'terikat' sama angka 7! Atau angka 7 yg udah 'memilih' gw -----> korban film bgt sih lo Do'!. Setelah sedikit googling, ternyata angka 7 itu spesial lho! Ada istilah tenar yg bilang kalo The number 7 is a symbol of luck, of good fortune. Whahahahaha!

Karna penasaran, akhirnya gw nyoba ngelakuin hal yg sama ke beberapa nama temen gw, dan ternyata hasilnya sama! Bukan hasil akhirnya sama-sama 7, tapi dilakukan pake ke-empat cara itu bakalan menghasilkan satu angka yang sama untuk masing-masing nama! Lo coba deh! Gw ampe mikir, ini fakta atau cuman kebetulan doank? (Inget, hal yg berbau kebetulan sering banget dikait-kaitkan dengan mistis, magic, etc).

Akhirnya gw coba melakukan pembuktian secara matematika:

Jika ada 2 buah angka yg masing-masing terdiri dari 2 buah bilangan (misal: 13, 72, 45, etc), yg selanjutnya bakal kita sebut 'ab' dan 'cd'. Trus kedua angka itu kita jumlahkan secara matematika biasa:
ab + cd = xy
x+y = z


Sehingga bisa dibilang 'x' adalah penjumlahan antara 'a' dan 'c'; 'y' adalah penjumlahan antara 'b' dan 'd'; dan 'z' adalah penjumlahan antara 'x' dan 'y'.

Perhitungan barusan bisa dibilang penjelasan cara 1. Sekarang perhatiin ini, gimana kalo sebelumnya bilangan pada masing-masing angka kita jumlahkan terlebih dulu.
(a+b) + (c+d) = a+b+c+d
(a+c) + (b+d) = a+b+c+d
x + y = a+b+c+d
z = a+b+c+d !!!


Penjelasan ini buat cara 2, 3, dan 4. Jadi, mau pake cara apapun, hasilnya bakalan sama! Dan ternyata ini adalah FAKTA! Bukan kebetulan doank!

KESIMPULAN
Yang hebat itu (dalam hal ini), bukan alphabetnya, bukan proses pengkonversiannya juga. Tapi yg hebat itu angkanya! Kebayang ngga kalo angka itu bukan dari 0 sampe 9, mungkin hal keren kayak gini ga bakal ada (Atau malah bakalan ada yg lebih keren lagi?). Btw, ini cuman salah satu kehebatan permainan angka, dan ternyata masi banyak lagi tu yg laen! Isn't God so brilliant?!

 

Reader Comments



Welcome to my blog!

This blog contains everythings that blinked from my mind...

Blogger Templates by Blog Forum

Must Read This!

What my friend's doing?

My photo album

www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos and videos from edziardo. Make your own badge here.

Blogs you might like

Blog Archive

Chatterboxxx


Free chat widget @ ShoutMix

Currently listening

Currently reading

Widget_logo

Recently watched


My bookshelf

Widget_logo

blog-indonesia.com
Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Subscribe in a reader

hit counter
code