Nasionalisme dan patriotisme...

Di wikipedia indonesia, Nasionalisme adalah:

Satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (dalam bahasa Inggris "nation") dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia.
Dan menurut ensiklopedia Inggris (yg tentu saja udah diartikan), Patriotisme adalah
Semangat cinta tanah air dan sikap bersedia mengorbankan apa sahaja untuk kejayaan dan kemakmuran negara.
Biasanya klo denger kata 'nasionalisme' dan 'patriotisme' pasti sering bgt gw kait-kaitkan sama 'Kewarganegaraan', salah satu mata kuliah paling mnyebalkan dlm sejarah perkuliahan gw. Ada rumor yg bilang klo lo mo dpt 'straight A' di mata kuliah itu saratnya cuman absen lo mesti 100%, tp knyataannya biarpun absen gw 100% tetep aja tu gw cuman dikasi B...B for Bullsh*t!

Kita (sbagai mahasiswa) sering bgt dibuat bingung, knapa sih kita mesti dapet mata kuliah itu. Mau jurusannya apa keq, tp pasti dpt mata kuliah itu. Katanya sih supaya kita (sbagai calon penerus bangsa) terpatri jiwa nasionalisme dan patriotisme-nya sejak dini. Tp kenyataannya para pejabat, yg notabene adalah sebagian contoh 'orang terpelajar', malah bisa dikatakan sbagai orang yg paling jauh dr arti nasionalisme dan patriotisme itu sendiri. Gw nulis ini setelah nonton tayangan reportase keterbelakangan masyarakat Papua, pdhal sejak beberapa tahun yg lalu udah diterapkan otonomi khusus dng kucuran dana ber-triliun-an rupiah. Ironisnya penggunaan dana malah diselewengkan buat nambah isi perut pejabat2 doank. Ironis bgt y?!
Pas nulis ini gw jadi inget satu hal dan iseng2 gw langsung melongo ke jendela rumah gw. Fyuh! Untungnya atribut kemerdekaan udah kepasang rapi di sekitar rumah gw...He3! Biarpun bukan gw yg masang tuh atribut, bukan berarti gw ga punya semangat nasionalisme dan jiwa patriotisme kan? Mungkin ga ya kadar nasionalisme dan patriotisme tiap individu diukur?Jadinya klo ntar lo mo kerja d pemerintahan tinggal liat nilai nasionalisme dan patriotisme-nya...Hahaha!

Gw jadi inget temen SMA gw dulu, saat menjelang 17-an kayak gini, dia ngeganti casing handphone-nya dng warna merah-putih, wallpaper handphone-nya juga dganti jadi bendera merah-putih, bahkan ringtone-nya itu salah satu lagu perjuangan kita...Sadis ga tu? Kurang patriotisme gimana lagi temen gw yg satu ini. Gw aja waktu itu ampe speechless..Hahaha!

Oiya blakangan ini ada satu commercial ad di tv nasional kita yg bagus bgt!

Ternyata di sela-sela keterpurukan karya anak bangsa di media tv yg sering disebut sbagai Shitnetron, ada juga satu karya yg berkualitas (biarpun beda jenis tapi kan satu media...hehe). 122 detik yg sempurna yg bisa menggugah jiwa nasionalisme & patriotisme gw.

Well in the end, i'd like to say, I'm proud to be Indonesian! Hidup Indonesia! Merdeka!

 

Reader Comments



Welcome to my blog!

This blog contains everythings that blinked from my mind...

Blogger Templates by Blog Forum

Must Read This!

What my friend's doing?

My photo album

www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos and videos from edziardo. Make your own badge here.

Blogs you might like

Blog Archive

Chatterboxxx


Free chat widget @ ShoutMix

Currently listening

Currently reading

Widget_logo

Recently watched


My bookshelf

Widget_logo

blog-indonesia.com
Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Subscribe in a reader

hit counter
code